Sabtu, 15 Oktober 2011

Besi Penyangga Digondol Maling, Tower Listrik PLN Roboh

Besi Penyangga Digondol Maling, Tower Listrik PLN Roboh:




Jakarta - Robohnya menara listrik milik PLN di wilayah Cibadak, Jawa Barat beberapa waktu lalu disinyalir terjadi karena adanya oknum yang mencuri besi tower tersebut. Bagian kaki-kaki besi digergaji, sehingga menara itu kehilangan kemampuannya untuk bertahan berdiri.



Hal tersebut diungkapkan Bambang Dwiyanto selaku Manajer Humas PLN yang ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat malam (14/10/2011).



"Dari info yang ada itu katanya digergaji. Jadi dicuri, diambil beberapa bagiannya dan akhirnya kan berpengaruh kalau ada angin kencang, roboh," ungkapnya.



Bambang mengatakan salah satu menara tersebut masuk dalam jaringan 150 kv. Katanya saat ini masalah tersebut sudah diatasi dengan cara mendirikan tower cadangan.



"Sudah di-handle dengan tower cadangan, dan itu tidak menganggu pasokan listrik di Jawa karena kita sudah cukup," jelas Bambang.



Bambang mengakui, pihak PLN terkadang sulit untuk membuat perimeter pengamanan di kawasan tower listrik demi menghindari hal ini. Pihaknya sulit untuk melakukan pembebasan lahan, sehingga tower dapat berdiri pun sudah lebih baik.



"Sekarang untuk tower listrik saja melakukan pembebasan lahannya susah. Apalagi kalau kita minta lahan lagi sedikit untuk menambah pagar pengaman, susah sekali," akunya.



Dirinya juga menambahkan, butuh biaya hampir Rp 10 miliar untuk membangun sebuah tower listrik baru. Akibat rubuhnya menara ini, pihaknya harus merogoh kocek sebanyak itu.



Sebelumnya pun hak ini sempat terjadi di wilayah Sumatera. Salah satu menara mengalami pelemahan pada konstruksi sehingga tidak lagi kuat berdiri.

(sumber : http://us.finance.detik..com/read/20...roboh?f9911013)



catatan 79:



Maling edan.........., harga besi nggak seberapa, kerugian bisa ratusan juta karena listrik mati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar