Kamis, 13 Oktober 2011

cara Bertransaksi/Belanja Online Dengan Aman

cara Bertransaksi/Belanja Online Dengan Aman:
cara Bertransaksi/Belanja Online Dengan Aman



Tolong Hargai TS yang susah buat jangan maen COPAS y... thx





Quote:









Yup, sebagai seller atau buyer kadang kita pernah menjadi korban penipuan. Meski tidak semua orang pernah menjadi korban, tapi pasti masih ada orang yang pernah menjadi korban penipuan. Misal seperti buyer yang hendak membeli suatu barang yang sellernya beda kota, kerap sang seller selalu meminta kiriman uang dulu baru kirim barang, namun nyatanya barang tidak kunjung datanag dan no yang bisa dihubungipun tidak aktif lagi. Untuk seller pun juga bisa mengalami penipuan, bisa seperti membeli pulsa tapi ternyata sang buyer tidak mentransfer sama sekali. Kadangpun saat memakai sistem COD, sellerpun juga bisa tertipu, contohnya saat ditujukan ke alamat yang hendak dikirim, ternyata alamat palsu bisa juga ini tertipu apabila si seller adalah penjual yang menjual barang yang tidak resmi dan tidak ada garansi atau biasa kita kenal blackmarket sehingga sang buyer adalah seorang intel negara yang membuat sang seller tertangkap saat melakukan COD dan agan" tahu sendiri tentunya apa yang terjadi saat sang seller tertangkap(contoh kasus yang biasa dimuat di surat kabar). Bukan untuk bermaksud mendukung blackseller juga tetapi menjadikan seller dan buyer sama-sama puas dan tidak mengalami modus penipuan online kembali. Dan juga kaerna blackseller pun sama-sama mencari sesuap nasi.



Berikut adalah beberapa tips ane dalam bertaransaksi/belanja Online dengan aman:



[1]Pastikan bahwa agan/buyer mendapat info toko online tersebut dari website terpecaya atau ajak teman agan yang berpengalaman belanja online untuk bersama-sama menilai toko tersebut.

[2]Kumpulkan semua data tentang toko online tersebut dan pemiliknya/si seller, Seperti facebook, Twitter, nomor handphone, PIN BB,alamat rumah, atau sekolah.

[3]Lihat testimonial dari buyer lain sebelum agan, lalu coba kontak buyer tersebut untuk cross-check.

[4]Usahakan untuk bertransaksi langsung dengan janji bertemu. Ajak suami atau istri, keluarga, pacar, atau teman untuk menemani anda(untuk blackseller usahakan dengan jasa rekber, klo ngotot COD mending tolak, kecuali udah punya kenal intel yg jabatannya tinggi dan siap mental menghadapi resiko)

[5]Jika agan/buyer harus mentransfer(mungkin karena jauh), upayakan menggunakan rekening bersama atau rekber untuk bertransaksi. Agan/buyer bisa Menggunakan KasPay Kaskus atau iPaymu yang katanya punya fasilitas rekber, Tokopedia, atau rekber lainnya bisa di website lain atau di forum2 terpecaya.

[6]Apabila agan/buyer terpaksa mentransfer uang kepada seller secara langsung, gunakan setoran tunai di bank. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan nomor rekening anda diketahui pihak lain.

[7]Simpan bukti transaksi dengan baik dan buat kopiannya(hardcopy dan digital).

[8]Simpan semua SMS/e-mail/chating agan dengan si seller. Lebih baik lagi bila semua itu di back up ke komputer.

[9]Mintalah resi pengiriman agan/buyer bisa mengetahui posisi barang agan.

[10]Aktif menanyakan barang agan kepada si seller maupun jasa pengiriman

[11] Saat paket datang, tahan sebentar kurirnya dan buka paket Anda. Jika ada yang tida sesuai dengan pesanan, dokumentasikan,lalu konfirmasikan hal tersebut kepada seller dan jasa pengirimannya. Cari tahu, apakah kesalahan terletak pada seller atau jasa pengiriman.

[12]Apabila agan/buyer puas dengan layanan toko online tersebut/seller, berikan apresiasi dan masukan agar hubungan seller dan buyer terjalin dengan baik dan juga dapat menambah reputasi si seller bahwa si seller bukan seller abal"/penipu.

[13]Bergabunglah dengan komunitas Facebook atau website jual beli online. Update selalu berita terbaru tentang modus-modus penipuan dan toko-toko online/ seller yang bermasalah.



Untuk pembelian elektronik secara online tidak masalah, tapi kalau bisa beli toko elektronik langsung di kota agan" sekalian karena lebih terpecaya dan aman. Dengan demikian agan tahu kondisi barangnya secara langsung. Karena jika lewat online, mungkin bisa ada yang cacat baik memang ada saat dari seller mengirim atau kesalahan pada kurirnya. Meski modus penipuan masih berkeliaran tapi masih banyak toko online/seller yang benar-benar terpecaya dan memiliki tujuan baik. Jadi agan" jangan takut belanja online tapi tetap waspada dan hati".









Quote:









Untuk agan yang ingin mengetahui, berikut ini sedikit ulasan yang ane berikan. Di dunia online ada berbagai macam" transaksi bisa CreditCard,DebitCard, atau paypai. Namu di Indonesia kebanyakan belum mendukung belanja online. Untuk itu diperlukan pihak ketiga apabila melakukan belanja online yang buka di toko online terpecaya seperti Amazon, Ebay dan Alibaba. Biasanya di forum internasional pihak ketiga ini biasa sering dinamakan ESCROW, namun di Indonesia biasanya menggunakan nama Rekber atau Rekening Bersama yang dapat dilihat di salah satu forum besar seperti KASKUS.

Proses dari ESCROW/REKBER ini adalah :



1. Pembeli dan Penjual telah menyepakati transaksi yang akan dilakukan.

2. Pembeli membayar sejumlah uang kepada pihak ketiga (ESCROW/REKBER)

3. Penjual mengirimkan barang kepada pembeli

4. Pembeli menyetujui dan mengkonfirmasi barang yang dibeli sudah diterima dan sesuai

5. Pihak ketiga (ESCROW/REKBER) membayar sesuai dengan kesepakatan kepada pihak penjual




Berikut adalah contoh skema transaksi dengan jasa REKBER/ESCROW



Spoiler for Skema/diagram transaksi lewat REKBER/ESCROW:
















Hargai TS dengan:

:rate5



Boleh juga dengan yang ini:

:toast

:cendolbig



Tolong ane jangan:

:batabig

:(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar