Jumat, 28 Oktober 2011

Tips Aman Pakai Kartu Kredit

Tips Aman Pakai Kartu Kredit:
Sorry Klo Repost Gan.>>Saya hanya ingin sedikit sharing kepada rekan-rekan mengenai tips penggunaan kartu kredit dengan bijak, karena kita tahu bahwa kartu kredit itu ibarat pisau bermata dua, jika kita menggunakannya dengan baik maka akan sangat berguna dan membantu kita, namun jika tidak terkontrol bisa membahayakan keuangan kita. Anda bahkan bisa terjerat hutang, dikejar-kejar oleh debt collector dan bukan tidak mungkin anda harus menjual aset Anda unutuk melunasi hutang kartu kredit Anda.



Berikut beberapa tips yang saya rangkum dari berbagai sumber dan juga dari pengalaman pribadi saya sendiri:



1. Cukup satu kartu saja



Untuk tujuan apa Anda memiliki kartu kredit? Untuk berbelanja? Atau untuk berjaga-jaga terhadap usaha Anda? Kalau hanya untuk konsumtif sebaiknya Anda hanya memiliki satu kartu saja. Mungkin kalau Anda memiliki usaha, cukup berguna kalau memiliki lebih dari satu kartu. Untuk keperluan yang mendesak, Anda bisa menggunakan kartu kredit, karena ini untuk keperluan yang bersifat produktif.



Kartu Anda yang lain hanya akan memancing Anda menggunakannya ketika limit kartu Utama Anda sudah full limit, dan ini adalah awal bencana Keuangan Anda



2. Tutup Kartu kredit anda yang lain



Karena Anda cukup memiliki satu kartu maka anda harus menutup kartu kredit anda yang lain. Biasanya anda akan mendapatkan tawaran bebas iuran jika anda tidak jadi menutup kartu anda, abaikan dengan tegas tawaran ini. Apakah salesnya mau tanggung jawab jika anda kesulitan membayar? Tentu tidak, jangan sampai anda masuk daftar hitam Bank Indonesia karena menunggak pembayaran kartu kredit, akibatnya Panjang jika Anda sampai masuk daftar hitam BI.



3. Jangan anggap kartu kredit sebagai uang tambahan



Saya masih ingat betapa teman-teman begitu kegirangan begitu mendapatkan kartu kreditnya yang pertama. Kemudian dilanjutkan dengan pesta belanja menggunakan kartu kredit tersebut. Ingatlah bahwa kartu kredit hanyalah alat bantu pembayaran dan bukanlah pendapatan tambahan.



4. Biasakan segera membayar setelah memakai



Jika anda menggunakan kartu kredit dengan alasan tidak bawa uang tunai, maka setelah anda menggesek kartu, anda harus segera membayar utang anda untuk mencegah timbulnya bunga. Jika perlu setelah keluar dari supermarket langsung cari ATM untuk membayar.



5. Jangan bayar jumlah minimum



Jika anda tidak dapat membayar keseluruhan utang Anda, usahakan membayar lebih dari jumlah minimum yang dipersyaratkan, karena dari 10% jumlah minimum yang anda bayarkan sebenarnya disitu ada bunganya yang berkisar 3,5%. Jadi jika anda membaayr 10% maka sejatinya anda hanya membayar 6,5 %. Alhasil bukan 10 bulan yang anda butuhkan untuk membayar lunas, pasti lebih. Itupun jika anda tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja lagi.



Nah itu sebagian tips menggunakan kartu kredit dengan baik.. sekarang ada tips lagi bagi anda yang sedang terjerat kartu kredit :



1. Gunting Kartu kredit Anda jika sudah full limit



Cara ini saya gunakan ketika saya memiliki 4 buah kartu kredit dan semuanya full! Dengan begitu lebih dari separuh gaji saya terkuras hanya untuk membayar cicilan. Sehingga kemudian saya terus menggunakan kartu kredit saya untuk belanja karena saya tak memiliki uang tunai. Artinya apa? Siklusnya berjalan terus bak lingkaran setan yang tak berujung. Saya memakai kartu kredit karena gaji tidak cukup untuk belanja. Gaji tidak cukup untuk belanja karena harus membayar cicilan kartu kredit.



Maka keputusan harus diambil dengan menggunting kartu kredit sehingga tak bisa dipakai dan saya melakukan penghematan agar saya tetap bisa makan dengan sisa gaji saya.



2. Pinjam tanpa bunga



Yang ini maksudnya meminjam ke sumber yang bisa memberikan pinjaman tanpa bunga. Biasanya orangtua, teman, atau saudara bisa memberikan ini. Lebih baik anda melunasi seluruh tagihan dan kemudian mencicil tanpa bunga ke orangtua anda. Daripada anda mencicil tiap bulan 10% dan terus menerus dikenai bunga. Periode pelunasannya akan sangat lama.



Namun jangan apply kartu kredit baru lagi ya? kalau tidak ya sama saja bohong? nanti hutang anda ke ortu belum lunas, sudah memulai hutang baru lagi?



3. Tinggalkan kartu kredit anda ketika pergi ke mall.



Nah, setelah anda melunasi hutang anda, kemudian apply kartu lagi, harus sering-sering meninggalkan kartu kredit Anda ketika pergi ke Mall. Ini akan memaksa anda untuk tidak belanja terlalu banyak dengan alasan ?kan bisa gesek?? Biasanya nafsu belanja kita timbul demikian kuat begitu melihat barang yang menarik, apalagi di dompet ada kartu kredit, jadilah anda gesek. Kalau anda melihat barang bagus namun di dompet tidak ada kartu kredit akan lain rasanya.



Itulah sebagian tips yang bisa saya rangkum untuk rekan-rekan sekalian, mudah-mudahan bermanfaat.

sumber :http://ripiu.com/article/read/tips-m...n-kartu-kredit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar