Kamis, 13 Oktober 2011

[HOTEST THREAD] Tutorial Mengompres File 3.6GB Menjadi 9MB Dengan WINRAR.

[HOTEST THREAD] Tutorial Mengompres File 3.6GB Menjadi 9MB Dengan WINRAR.:

Quote:









Sehubungan dengan banyaknya pm yang ane terima yang mempertanyakan pertanggung jawaban ane atas thread yang pernah ane buat yang berjudul [video cara buat web yg gedenya 600mb ane kompres jadi 7mb, gan! Langsung sedod, gan!], maka dengan iklas ane beberkan sedetil-detilnya perkara "bagaimana cara kompress file ukuran besar menjadi ukuran kecil".. :malu:

Untuk itu...ane mohon agan baca semuanya dengan seksama, ya gan!



Quote:









Pendahuluan :



Pada prinsipnya, kompresi file ukuran besar untuk dikecilin adalah sesuatu yang amat sangat beresiko....nape ane bilang gitu? Soalnya kebanyakan hasil dari hasil kompresan tersebut bisa dibilang kagak terlalu memuaskan hasilnya. Itu sebabnya ane bilang sangat beresiko...resiko waktu yang terbuang percuma, resiko makan source banyak di kompi dan lain-lainnya. Apalagi kalu ngompresnya pake KGB Archiver yang kebanyak hasil kompresinya rusak semua alias corrupt.



Kalau gitu pake aplikasi apaan dong sampe bisa ngompres file video yang ane bahas di thread diatas yang gedenya sebesar 650mb bisa menjadi cuma 7mb?

Jawabannya adalah bukan pake KGB archiver! lalu...pakai aplikasi apa dong? Oke dah...kita cekibrot aja langsung ye gan :D.





Quote:









Apa aja yang perlu dipersiapkan?

  1. Satu unit kompie/lapie yang masih berfungsi dgn baik.. :D

  2. Satu gelas kupi ama rutinye...

  3. Sebungkus rokok..

  4. Aplikasi winrar...(winrar emang bisa? Betul cuma pake winrar buat ngompresnya! :d)

  5. Dan seonggok keberanian buat ngutak-ngutik setingan yang ada di winrar tadi...







Quote:









Kok winrar yang dipakai?



Selama ini kita udah pada tau kan kalau winrar adalah aplikasi buat ngompres yang paling handal yang pernah dibuat, dan ternyata winrar ini punya....mmmmhhhh...istilah kerennya, kemampuan tersembunyi yang belum banyak orang tau. Dan kebanyakan orang yang make winrar, hanya sedikit aja yang berani bereksperimen ria dengan aplikasi tersebut melalui setingan-setingan yang tersedia. Dan yang lebih hebat lagi, wakTu yang dibutuhkan untuk mengompres file, misalnya di thread ane yang ane sebut diatas yang gedenya 650mb, cuma butuh waktu 10~15 menit doangan gan!!! Gitu juga waktu untuk ngompresnya, cepeeeeeet banget! Hebatkan???? Ini dia yang ane bakal bahas di thread sederhana ini.... :D





Quote:









Gimana nyeting winrar-nya sampe bisa ngompres gila-gilaan gitu?



Oke, kita langsung aja ke intinya. Dibawah ini ane uraikan langkah-langkah pengompresannya, gan! Dan screenshot yang ane lampirin ini adalah screenshot waktu ane ngompres file ISO dari Windows_XP_64Bit (yang gedenya 3.6 gb), yang pada dasar sama dengan proses kompresi file AVI dariVideo Cara Buat Website Untuk Pemula. Jadi cara-cara dibawah ini sama dengan cara yang ane gunain untuk ngompres file video AVI pada thread yang ane sebut di atas.



Yang perlu diperhatikan disini, pertama :nggak semua file video atau file iso atau file lainnya bisa di kompres sampe ukuran kecil dengan trick ini. kedua : tutorial kompres yang ane jelasin dibawah ini merupakan salah satu trik dari sekian banyak trik ngompres pake winrar.



Jadi kesimpulannya, selain dengan trik yang ada dibawah ini, ada banyak lagi trik-trik lain untuk ngompres file jadi kecil banget.



Langsung aja kita mulai, gan...:D





Quote:









Tutorial kompresi file besar menjadi kecil dengan winrar:




Quote:









1. Siapin file yang mau dikompres. Disini ane pilih file iso dari opearting system winxp_64bit yang ukurannya sekitar 3.6gb.


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









2. Klik kanan file yang mau dikompres, trus pilih "add to archieve..".


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









3. Mulailah mengatur setting dari winrar seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, gan! Dan setelah kelar, klik ok!


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









4. Winrar akan mulai mengompres file, dan tunggu sampe kelar, gan! Proses kompresinya cuma butuh waktu 15 menit dengan Pentium 4 2.4gb.


Spoiler for tutorial kompresi winrar:









Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









5. Abis prosesnya selesai, ya selesai juga dah, gan! Mudah, kan? :d


Spoiler for tutorial kompresi winrar:

















Quote:









Mengecek corrupt nggaknya hasil kompresan!




Quote:









1. Ekstrak hasil kompresan yang baru selesai tadi, gan!


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









2. Winrar akan mengekstrak hasil kompresan tadi ke folder baru!


Spoiler for tutorial kompresi winrar:









Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









3. Buka folder baru dari hasil proses ekstrak tadi!


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









4. Karena file adalah file ISO, maka perlu di mounth dengan aplikasi ultraiso, magic iso, nero dsb untuk mengecek corrupt nggaknya file hasil kompresan. (Untuk file avi/video, abaikan langkah ini..jadi langsung putar aja video hasil kompresannya gan :))


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









5. Setelah di mouth buka hasil mounth di drive tujuan mounth tadi. Kalau ane sendiri, setelah terbuka, ane klik 2x SETUP.EXE....


Spoiler for tutorial kompresi winrar:












Quote:









6. Dan inilah yang tampil setelah ane klik 2x SETUP.EXE....


Spoiler for tutorial kompresi winrar:

















Quote:









Hasil Kompresi Ane nih, gan!




Quote:









1. Video Cara Membuat Website : Ukuran Awal 650GB --- Stlh Kompres : 7MB


Quote:









Download Disini, Gan! (Buang tanda bintang (*) nya ya, gan)










Quote:









2. WinXP_64Bit : Ukuran Awal 3.6GB --- Stlh Kompres : 9MB


Quote:









Download Disini, Gan! (Buang tanda bintang (*) nya ya, gan)










Quote:









4. Pro Evaluation Soccer 2010 : Ukuran Awal 5.2GB --- Stlh Kompres : 11MB (Kalo yang ini dah ane share diforum lain, tapi masih kontroversi hasilnya..ada yang bilang berhasil mainin ada juga yang kagak :capedes)


Quote:









Download Disini, Gan! (Buang tanda bintang (*) nya ya, gan)









Cukup tiga aja ya gan...kalau semua di beberin disini, takutnya kaskus tercinta kita kepenuhan :malu





:iloveindonesiasOke juragan...sampe disini dulu thread ane dan semoga bermanfaat:iloveindonesias





Tidak ada komentar:

Posting Komentar