Sabtu, 15 Oktober 2011

India Luncurkan Satelit Peneliti Hujan

India Luncurkan Satelit Peneliti Hujan:

Quote:













NEW DELHI - India telah berhasil meluncurkan satelit baru mereka, Megha-Tropiques, untuk mempelajari pola-pola musim hujan.



Seperti dilansir BBC, Jumat (14/10/2011), satelit ini merupakan salah satu dari empat pesawat ruang angkasa yang ditembakkan ke orbit pada hari Rabu lalu di Sriharikota, sekitar 80 km dari Madras.



Megha-Tropiques ini merupakan satelit hasil hasil kerjasama dengan Prancis. India membangun platform satelit dan menyediakan peluncuran roket, setelah Prancis memberikan instrumen yang dibutuhkan.



Peluncuran satelit ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru, bagaimana air bergerak melalui atmosfer untuk memproduksi cuaca yang terkait dengan musim hujan.



Megha-Tropiques telah diorbitkan di sekitar khatulistiwa antar 23 derajat Utara dan Selatan. Itu artinya, satelit akan mengelilingi seluruh India hampir 12 kali sehari.



Peluncuran satelit ini merupakan rangkaian kerjasama India Space Agency (Isro), untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan sejumlah mitra internasionalnya.



Nantinya, data dari Megha-Tropiques ini juga akan dibagikan pada organisasi meteorologi dari Eropa dan Amerika Serikat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar