Sabtu, 15 Oktober 2011

Indomaret, harga display dan kasir beda..

Indomaret, harga display dan kasir beda..:
malem agan semua..

ane mo cerita neh kejadian ane beberapa menit yang lalu di indomaret.



nah berawal dari pulang jalan2 ma bini ane, ane mampir ke indomaret buat beliin papers anak ane. di situ istri ane jalan sendiri ambil pampers buat anak ane, dan ane liat2 buah yang dipajang di indomaret. mata ane tertuju ma kurma yang harganya murah, 12.500/kg(sisa puasaan kali ya). ya uda ane ambil aja dah tu kurma yang uda dibungkus ma styrofoam. dan di labelnya ada tulisannya 500gr. yang berarti tu bobot kurma harusnya 1/2kg. iseng2 sebelum ane bayar ane tanya harga /kg nya berapa. ternyata harga di kasir beda ma harga di display. di kasir tertera harga /kg nya 13.000. walopun selisih 500perak ane kaget juga, soalnya bukan cuman sekali indomaret kayak gini. beberapa kali ane nemuin gitu juga.



yang bikin ane kaget juga, ternyata kurma yang harunya beratnya 500gr, setelah ditimbang lg, beratnya hanya 440gr. lo yok opo ngene iki????



otomatis ane ngomel ke kasirnya

ane : lo mas, gimana ini harga /kg nya kok 13rb?? di display nya kan cuman 12.500??

kasir : eh, iya ta mas?? (sambil ngecek komp kasirnya)

ane : lagian liat ini beratnya cuman 440gr. tapi kok ditulis 500gr. kok beda gini sih??

kasir : maaf mas, di komp kami emang harganya 13rb. mungkin teman saya salah kasik harga.

ane : lo yok opo se...

kasir : gimana mas, jadi diambil kurmanya??

ane : gak deh, (sambil bayar papers, trus ane tinggal..)



Ati2 buat kaskuser semua kalo mo belanja di indomaret. harga display ma harga di komputer kebanyakan beda semua. kalo lebih murah sih gpp. lha ini lebih mahal.



hak kita sebagai konsumen sesuai dengan undang-undang perlindungan konsumen :


Quote:









Pasal 4

Hak konsumen adalah :

a. hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang

dan/atau jasa;

b. hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa

tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;

c. hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang

dan/atau jasa;

d. hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang

digunakan;

e. hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa

perlindungan konsumen secara patut;

f. hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;

g. hak unduk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;

h. hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang

dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana

mestinya;

i. hakhak

yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangundangan

lainnya.






nah di indomaret tadi jelas di larang pada UU perlindungan konsumen BAB IV, Pasal 8, ayat 1, poin B, C dan F :


Quote:









BAB IV

PERBUATAN YANG DILARANG

BAGI PELAKU USAHA

Pasal 8

(1) Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa

yang:

a. tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan

ketentuan peraturan perundangundangan;

b. tidak sesuai dengan berat bersih, isi bersih atau netto, dan jumlah dalam hitungan

sebagaimana yang dinyatakan dalam label atau etiket barang tersebut;

c. tidak sesuai dengan ukuran, takaran, timbangan dan jumlah dalam hitungan

menurut ukuran yang sebenarnya;

d. tidak sesuai dengan kondisi, jaminan, keistimewaan atau kemanjuran sebagaimana

dinyatakan dalam label, etiket atau keterangan barang dan/atau jasa tersebut

e. tidak sesuai dengan mutu, tingkatan, komposisi, proses pengolahan, gaya, mode,

atau penggunaan tertentu sebagaimana dinyatakan dalam label atau keterangan

barang dan/atau jasa tersebut;

f. tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan

atau promosi penjualan barang dan/atau jasa tersebut;

g. tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa atau jangka waktu penggunaan/

pemanfaatan yang paling baik atas barang tertentu;

h. tidak mengikuti ketentuan berproduksi secara halal, sebagaimana pernyataan

"halal" yang dicantumkan dalam label;

i. tidak memasang label atau membuat penjelasan barang yang memuat nama

barang, ukuran, berat/isi bersih atau netto, komposisi, aturan pakai, tanggal

pembuatan, akibat sampingan, nama dan alamat pelaku usaha serta keterangan

lain untuk penggunaan yang menurut ketentuan harus dipasang/ dibuat;

j. tidak mencantumkan informasi dan/atau petunjuk penggunaan barang dalam

bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundangundangan

yang berlaku.




Sory gak ada foto, karena ane emosi tadi, gak kepikiran banget ma foto2an. kalo ada yang anggep hoax ya udah gak usah komen. sengaja namanya gak ane sensor, mo ane kena kasus pencemaran nama baik ato apa kek, terserah, yang jelas kenyataan dan keadaannya seperti itu.



Ane gak minta cendol, gak minta bata.. Cuman share aja supaya agan2 lebih teliti sebelom membeli.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar