Sabtu, 15 Oktober 2011

Mari berkenjung ke Gong Factory di Bogor

Mari berkenjung ke Gong Factory di Bogor:

Quote:









welcome to my thread



:rate5 :rate5 :rate5 :rate5 :rate5

Quote:









mari kita mengenal lebih jauh mengenai alat musik yang sudah legendaris yaitu Gong

sebelumnya,mari kita lihat dulu,apakah ini repost ? :bingung


Spoiler for NoRepsol:









Quote:









inilah bahasan Gong menurut Wikipedia

Quote:









Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini.

Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis. Di Korea Selatan disebut juga Kkwaenggwari. Tetapi kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus, karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan.




dan ada juga dari referensi lain

Quote:









Gong merupakan sejenis peralatan muzik 'idiophone' Melayu yang silam yang berasal dari Asia Timur Selatan. Gong telah wujud semenjak zaman gangsa lagi dari Yunan. Gong juga dimainkan bagi mengiringi permainan wayang kulit. Gong merupakan alatan penting yang berperanan sebagai bunyi tulang belakang dalam essemble persembahan muzik gamelan.



Gong terdiri daripada pelbagai saiz untuk menghasilkan bunyi yang berbeza setiap satunya dan dimainkan bersama-sama mengikut rentak lagu. Kebiasannya, 1 atau 2 drum turut dimainkan serentak untuk mempelbagaikan irama muzik yang lebih unik. Gong telah banyak dijumpai di seluruh Malaysia sebagai alat utama dalam upacara khas dan persembahan muzik tradisional.



Alat ini terjamin berkualiti tinggi kerana cara penbuatannya adalah sukar dan memerlukan kos yang agak tinggi. Alat ini diimport dari Indonesia, Filipina dan Brunei. Gong tempatan mempunyai 'shallow rims' dan 'small boss'. Melodi yang dihasilkan adalah untuk memberi isyarat pada permulaan dan penghabisan sesuatu lagu.



Semasa pemerintahan sultan-sultan Melayu dahulu, gong akan dikandar oleh pesuruh raja yang akan berkeliling kampong-kampong bagi menyebarkan berita. Gong akan dicanang bagi mengumpulkan penduduk kampung dan titah raja akan dibacakan oleh pesuruh raja. Gong juga banyak di pulau jawa









dan alhamdulillah,di daerah deket rumah TS,ada pabrik Gong yang terletak di daerah PANCASAN,kelurahan pasir jaya kecamatan bogor barat,kota Bogor disitu ada pabrik Gong yang bernama "Gong Factory"

Quote:










Quote:









Kawasan Pancasan, termasuk dalam kecamatan Bogor Selatan, letaknya sangat mudah untuk ditemukan, karena tepat di tepi jalan raya Pancasan.



Tampak di bagian kanan jalan tulisan Gong Factory, dan disebelah pabrik sebuah showroom menempel bersebelahan dengan pabrik gong ini. Tempat sederhana yang penuh sejarah dan muat akan kekuatan seni membuat gong terekam erat di tempat ini



Perbincangan hangat tidak sulit dirasakan, karena sambutan yang ramah dari para pekerja dan bahkan pemilik pabrik ini. Bapak Sukarna , seorang bapak dari 3 orang Putra dan putri , diusianya yang menginjak 83 tahun, tetap memegang erat tradisi pembuatan gong ini turun temurun, Bapak Sukarna ang akrab dipanggil pak Haji atau pak Karna, adalah generasi ke enam, dari awal dahulu berdirinya pabrik ini, selain sebagai pengusaha pabrik gong ini, pak Karna juga menjabat sebagai ketua RW selama 10 tahun terakhir, yang membawahi 5 RT di kabupaten Bogor Selatan.





inilah foto-foto pekerja yang sedang bekerja disana


Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:









Spoiler for Gong:














Quote:









bagi yang mau mengunjungi pabriknya,langsung saja datang kesana,naik angkot 14/03/18.caranya dari smua jurusan,datang ke BTM(Bogor trade mall) lalu nyebrang ke arah bawah dan naik angkot 03/18 dan minta turun di "Gong Factory" atau pancasan















Quote:









:iloveindonesia TS pernah kesana,dan menurut ane disana panas yah kalo terlalu dket sama apinya,hehe jadi mari kita lestarikan Gong ini :iloveindonesia

sekian dulu dari ane,jangan lupa gan,bagi cendolnya gan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar