Kamis, 13 Oktober 2011

Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol

Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol:
Welcome To Exoricsm Thread




Spoiler for No Repsol:











Quote:









:rate5 :rate5 :rate5

"Terlebih Dahulu Sebelum Membaca"











Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol






Quote:










Quote:









Kebiasaan menghisap jempol sebenarnya adalah tindakan natural bayi. "Sangat umum bagi mereka menggunakan jari atau jempol lainnya untuk mendapatkan kenyamanan," ujar dr. Robert Anderson, seorang dokter anak asal Iowa, Kanada.





Quote:









Di bulan pertama kehidupannya atau bisa jadi lebih cepat, anak bisa mulai paham kalau menghisap jari membuatnya nyaman. "Bisa membuat mereka tenang atau hanya karena memang itu menyenangkan," tutur Anderson lagi.





Quote:









Namun jika dibiarkan sampai anak mulai tumbuh besar, kebiasaan itu bisa menghambat perkembangannya, seperti kemampuannya bicara. Kapan batas toleransi untuk anak menghentikan kebiasaan menghisap jempol itu?





Quote:









"Biasanya saat anak berusia 2-4 tahun akan mulai melatih kepintaran lain, selain menghisap jari, seperti kemampuan bicara," imbuh drg. Mary Hayes asal Chicago.





Quote:









Tapi tidak semua anak dengan mudah menghentikan kebiasaan menghisap jempol itu. Jika kebiasaan itu terus berlanjut sampai anak berusia 2 tahun lebih, ini bisa membuat perkembangan dirinya terhambat.





Quote:









Menurut Hayes, jika dibiarkan gigi anak dapat menjadi maju atau saat rahang dikatupkan gigi depan atas dan bawah tetap terbuka. Masalah lain yang bisa timbul terjadi perubahan bentuk langit-langit mulut karena tekanan jempol di daerah tersebut.





Quote:









Tak hanya itu saja, anak juga punya masalah dalam artikulasi jika terus menghisap jempol. Anak sulit mengucapkan huruf T dan D dengan benar atau huruf lainnya.










Quote:










Quote:









Lantas bagaimana caranya agar anak bisa menghentikan kebiasaannya tersebut? Psikolog keluarga asal California, Jenn Berman dan dr. Robert Anderson, memberikan beberapa sarannya:





Quote:









1.Usahakan Anda membatasi waktu anak menghisap jarinya. Misalnya hanya boleh melakukannya di kamarnya atau di rumah, tidak saat berada di tempat umum. "Katakan pada anak kalau ini hanya boleh dilakukan menjelang tidur atau saat tidur," jelas Berman.





Quote:









2. Jangan jadikan masalah ini sebagai bahan pertengkaran. "Jangan bilang pada anak, kamu tidak boleh menghisap jempolmu lagi," ujar Anderson. "Ketimbang memberinya kritikan, ketika anak tidak menghisap jempolmu, berikan dia pujian," tambahnya.





Quote:









3. Komunikasikan pada anak soal kebiasaannya itu. "Katakan pada anak, kapanpun dia siap menghentikan kebiasaannya itu, Anda siap membantunya," ujar Berman. Cara ini bisa membuat anak termotivasi dan akhirnya datang pada Anda untuk minta bantuan Anda.





Quote:









4. Bangun kesadaran anak. "Saat anak menghisap jempol, ingatkan padanya kalau dia sedang menghisap jarinya," jelas Hayes. Jika anak tidak menyadarinya, bantu dia dan cari cara adakah hal lain yang bisa membuatnya nyaman selain jari.





Quote:









5. Lakukan cara-cara kreatif untuk membuat anak paham kalau mereka sedang sudah besar dan suatu hari nanti tidak akan menghisap jarinya lagi.










Spoiler for From TS:



Intinya untuk mendidik anak terutama pada waktu si anak masih bayi iyalah dengan penuh rasa kasih sayang dan perhatian extra, karena jika hal itu diabaikan maka jangan menyesal jika kelak si bayi sudah dewasa menjadi sesosok anak yang mempunyai kebiasaan buruk.







Quote:









Kaskuser yang bijak ialah orang yang memberikan komentar/masukan yang bermanfaat dan bukan menjadi junker di thread!!






Quote:









TS Menerima :


Spoiler for Menerima:




Quote:









Klik Gambar Berikut :

Pilih yg Cendol gan :cendols dan tulis Komentar agan :addfriends

Quote:


























TS Menolak :


Spoiler for Menolak:



:batabig :batabig :batabig








Tidak ada komentar:

Posting Komentar