Minggu, 16 Oktober 2011

[Need Review] Google Vs. Facebook

[Need Review] Google Vs. Facebook:
sebelumnya, maap kalo trit ini kurang bermutu atau apalah. Ini artikel temen saya yang butuh ulasan.

saya mohon dengan sangat agan-agan, momod, and mimin berkenan untuk menempatkan trit saya ini. dan saya berharap agan bisa memberi sedikit ulasan mengenai isi artikel ini. Terimakasih :)



Quote:









Mengernyitkan dahi, mungkin itu ekspresi dari sebagian teman-teman yang membaca judul artikel saya ini. Bahkan mungkin ada sebagian dari teman-teman yang langsung menyatakan ketidaksetujuan dengan judul tulisan saya ini. Oleh karena itu, sebagai pengantar saya menyarankan teman-teman untuk sedikit meluangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan saya ini sehingga dapat memahami apa yang menjadi latar belakang judul di atas.



Google dan facebook merupakan dua situs yang paling sering dikunjungi oleh para pengguna aktif situs dunia maya. Keduanya bagi sebagian orang dianggap sebagai dua situs yang jauh berbeda. Google, yang oleh sebagian dari kita masih dianggap ‘hanya’ sebagai sebuah mesin pencari disandingkan dengan facebook, sebuah situs jejaring sosial yang sudah kita kenal luas dengan aplikasi-aplikasi yang menarik. Namun ma’af saja, di era sekarang ini pemikiran seperti itu tentunya sudah sangat ketinggalan jaman. Sebut saja Google yang semakin kesini terus berinovasi dengan aplikasi-aplikasi yang menunjang seperti Gmail, youtube dan yang paling gres adalah Google+. Facebook di satu sisi terus mempertahankan eksistensinya sebagai sebuah situs jejaring sosial yang mampu menguasai pasar memberikan inovasi-inovasi baru akan aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya misalnya saja Like button, aplikasi pembuatan grup, instant message dan lain sebagainya.



Apa yang saya sampaikan di atas membawa kita pada suatu titik dimana seiring dengan berjalannya waktu, manusia yang merupakan makhluk sosial semakin menyadari kebutuhannya untuk terus bersosialisasi dengan manusia lainnya. Hal ini berdampak pula pada perjalanan perkembangan kedua situs di atas. Manusia, seperti saya dan teman-teman sekalian, membutuhkan sebuah jejaring sosial atau penghubung dalam dunia maya dimana manusia (saya wakilkan dengan kita) dapat benar-benar bersosialisasi dalam arti yang sebenarnya. Bukan hanya terbatas pada komentar atau pesan singkat saja, namun berkomunikasi secara lebih jelas dan terbuka melalui berbagai media misalnya foto, video atau chatting. Kesadaran yang muncul akan kebutuhan untuk sebuah kehidupan sosial dalam dunia maya tersebut tentunya tidak luput dari pengamatan kedua situs besar di atas.



Terlepas dari peran Google dan Facebook dalam dunia maya, keduanya adalah merupakan sebuah industri yang bersaing ketat untuk menguasai pasar dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Disadari atau tidak oleh teman-teman, kedua industri ini kini tengah bersaing ketat untuk dapat menguasai pasar. Sebut saja Google, dulu pada awal kemunculannya kurang begitu concern akan aktivitas sosial dalam dunia maya. Youtube, yang merupakan salah satu produk google, secara sederhana menambahkan kolom komentar bagi para pengunggahnya. Kemudian muncullah facebook, yang diawal kemunculannya memberikan sebuah alternative sosialisasi di dunia maya dengan sesuatu yang baru. Dilengkapi dengan profil data diri, foto, dan adanya fitur wall, dimana pengunanya bisa saling bertegur sapa plus chatting apabila ingin mengobrol secara langsung. Kemudian Google terus mengembangkan produk-produknya, dimulai dari aplikasi untuk berbagi foto, video hingga yang paling baru adalah Google+. Hadirnya Google+ ini semakin memperjelas kejar-mengejar antara google dan facebook. Dimana konsep dari Google+ ini sendiri sudah mengarah pada sebuah situs jejaring sosial yang memiliki aplikasi yang kurang lebih sama dengan yang ada di facebook saat ini.



Dalam artikel yang menjadi inspirasi awal penulisan tulisan saya ini, disebutkan bahwa apa yang ada di facebook saat ini cenderung itu-itu saja tanpa ada perubahan yang signifikan. Saya sendiri juga pengguna facebook dan jujur saja saya terkadang membuka facebook hanya untuk sekadar mengecek grup perkuliahan atau hanya sepintas lalu membaca status teman-teman dan kemudian merasa bosan. Dalam artikel yang sama disebutkan pula bahwa facebook terbatas dalam beberapa hal, misalnya saja untuk berbagi video durasi yang bisa diunggah di facebook sangat terbatas, berbeda apabila digunakan salah satu produk google yakni youtube. Tanpa bermaksud memihak, disebutkan bahwa saat ini Google menawarkan sebuah paket komplit, dimana yang dibutuhkan ada pada satu situs. Uraian di atas semakin memperjelas persaingan antara kedua situs tersebut dalam merebut pasar jejaring sosial.



Hal ini kemudian saya kembalikan pada teman-teman sekalian, apakah anda sependapat dengan saya atau tidak. Atau diantara teman-teman ada yang berpikiran bahwa tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru.




Mohon Reviewnya ya gan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar