Sabtu, 15 Oktober 2011

Pusing Nonton Film 3 Dimensi Pertanda Mata Rusak

Pusing Nonton Film 3 Dimensi Pertanda Mata Rusak:
Bagi kalian yang suka nonton film 3 dimensi sebelum itu cekidotz dulu yak











New York, Tidak sedikit orang yang mengeluh pusing saat menonton film 3 dimensi (3D) seperti Avatar dan Toy Story-3 menyalahkan kacamata 3D sebagai penyebabnya. Tapi ternyata film 3D bisa digunakan untuk mengetes apakah mata sehat atau tidak. Jika pusing saat nonton 3D pertanda mata Anda yang rusak.



Menurut American Optometric Association (AOA), 1 di antara 3 orang punya masalah penglihatan yang membuatnya tidak bisa menikmati efek 3 dimensi (3D) dalam film-film tersebut. Gejalanya antara lain pusing dan mual saat mengenakan kacamata khusus yang disediakan.



Gangguan semacam itu tidak hanya dialami penggemar film 3D, tetapi juga sebagian besar warga Amerika lainnya. AOA mencatat 56 persen warga berusia 18 hingga 38 tahun punya masalah dalam mensinergikan penglihatan pada kedua mata.



"Efek 3D didapatkan saat otak berhasil menggabungkan bayangan yang terbentuk di kedua mata. Film 3D benar-benar bisa digunakan menguji kemampuan tersebut," ungkap Dr Dominick Maino dari Illinois Eye Institutes seperti dikutip dari Healthday, Rabu (22/9/2010).



Orang-orang yang memiliki gangguan dalam menggabungkan bayangan di kedua mata umumnya akan mengalami gejala khas saat menonton film 3D. Seperti yang terungkap dalam sebuah survei, gejala-gejala itu meliputi nyeri di kepala, pandangan kabur serta pusing dan mual-mual.



Jenis gangguan yang menyebabkan gejala semacam itu antara lain sebagai berikut:



Amblyopia atau mata malas, yang terjadi ketika kemampuan melihat pada kedua mata tidak seimbang. Kemampuan salah satu mata tidak sebaik pada mata yang lain.

Strabismus atau mata juling, yakni saat gerakan mata tidak bisa sinkron atau seirama.

Convergence insufficiency atau ketidakmampuan mata memusatkan pandangan ke satu titik pada jarak tertentu.



Ketiga jenis gangguan sering tidak disadari meski sebenarnya bisa disembuhkan oleh dokter mata. Jika dulu sulit dideteksi, kini gejala-gejala yang muncul saat menonton film 3D bisa digunakan sebagai petunjuk awal bagi ketiga jenis gangguan tersebut.



gimana udah ngerti ???

hati-hati bagi kalian yang suka nonton 3d tapi matanya sering sakit cepat-cepat lapor RT terdekat, eh maksud saya dokter terdekat.

ahahhaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar